Jahe adalah salah satu rempah yang bisa membuat rasa masakan menjadi lebih lezat nan nikmat. Tak hanya itu saja, jahe juga merupakan salah satu rempah yang bisa dibuat menjadi minuman hangat pelega tenggorokan serta penyegar tubuh. Karena itulah, tidak jarang kita akan membeli jahe dalam jumlah yang banyak. Hitung-hitung, biar lebih hemat dan tidak repot harus beli jahe bolak-balik sih. Namun, jika jahe ini tak dimasak atau dibuat minuman dalam waktu yang lama, tidak jarang jahe akan kering atau bahkan tumbuh tunas.

Lantas, bagaimana caranya agar jahe tetap awet, segara lebih lama dan tidak tumbuh tunas? Tentunya, kita harus menyimpan jahe ini dengan baik. Pada kesepatan kali ini, Sinduamritha.com punya cara mudah menyimpan jahe agar segar lebih lama dan tidak tumbuh. Kira-kira, seperti apa cara mudahnya? Simak ulasannya berikut ini.


4 Tips Menyimpan Jahe agar Tetap Segar dan Tahan Lama

1. Beli Jahe yang Masih Segar

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membeli jahe yang masih segar. Pilih jahe yang berwarna kekuning-kuningan serta sedikit berwarna pink. Jahe ini biasanya masih segar dan kesegarannya bisa bertahan selama dua minggu ke depan. Jahe ini biasanya juga memiliki kualitas yang cukup baik.

4 Tips Menyimpan Jahe agar Tetap Segar dan Tahan Lama

2. Cuci Jahe dengan Bersih

Setelah membeli jahe yang masih segar, cucilah jahe dengan air bersih sampai kotoran yang menempel benar-benar bersih. Setelah dicuci bersih, agar jahe tidak busuk saat disimpan. Lap jahe dengan kain atau handuk tak terpakai. Jika malas mengelap, kamu bisa menjemurnya sebentar saja sampai air bekas cucian kering. Jangan menjemur terlalu lama karena ini bisa membuat jahe kering dan keriput.

4 Tips Menyimpan Jahe agar Tetap Segar dan Tahan Lama

3. Masukkan Jahe pada Kantong Kertas

Selanjutnya, kamu bisa menyimpan jahe ini di dalam kantong kertas yang bersih. Kantong kertas akan menjaga kelembaban jahe dengan baik. Setelah tersimpan di kantong kertas, masukkan ke dalam kantong plastik.

4 Tips Menyimpan Jahe agar Tetap Segar dan Tahan Lama

4. Simpan di Rak Sayur Kulkas

Simpan jahe di dalam rak sayur kulkas. Di rak sayur inilah, kesegaran jahe akan terjaga. Meski telah disimpan dalam waktu yang lama, jahe akan tetap segar. Ia juga tak akan tumbuh tunas. Kamu juga tak perlu khawatir jahe akan busuk.

Demikian tips menyimpan jahe agar tetap segar dan tahan lama serta tak tumbuh tunas. Bagaimana? Cara yang sangat mudah bukan? Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat Mencoba.


Sumber: https://www.vemale.com


Permen dan Ting Ting Jahe Sin A

Permen Jahe Sin A adalah salah satu merk permen jahe dari Indonesia yang telah terkenal di Indonesia maupun di mancanegara. Pertama kali didirikan pada tahun 1935, hingga sekarang Permen Jahe Sin A telah mengeluarkan berbagai varian permen dan ting ting jahe serta telah berhasil mendistribusikan produk nya ke berbagai wilayah di Indonesia dan mancanegara.

Artikel Pilihan Lainnya

Artikel / Jenis Jahe / Jahe Merah / Jahe Gajah / Jahe Emprit
Artikel / manfaat / air jahe
Resep Mudah dan Sederhana Membuat Permen Jahe / Tips dan Trik