Pada artikel artikel sebelumnya, Sin A telah menjelaskan beberapa manfaat permen jahe untuk kesehatan, Kali ini kami akan menyajikan artikel lebih lengkap lagi tentang manfaat jahe untuk kecantikan, kesehatan, pengobatan dan tubuh. Misalkan jahe bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan yang dapat mengatasi atau mengobati penyakit dalam tubuh maupun diluar tubuh misalnya untuk kecantikan kulit, wajah dll. Manfaat jahe memerlukan perlu dipaparkan lebih spesifik tentang penyakit apa saja yang dapat diobati atau bermanfaat dengan pengobatan jahe, oleh karena itu pemaparan informasi manfaat jahe secara spesifik dapat anda lihat dibawah ini

50 Manfaat Jahe untuk Kecantikan, Kesehatan, Pengobatan dan Tubuh

Manfaat Jahe untuk Kecantikan

1. Menyehatkan Kulit. Kandungan [6|-gingerol pada jahe bermanfaat dalam mencegah sinar ultra violet B (UVB) yang tentu saja dapat digunakan sebagai terapi mencegah kerusakan kulit (Ali et al. 2008).

2. Awet Muda. Kandungan Chlorogenic acid pada jahe yang bermanfaat dalam mencegah proses penuaan, dan merangsang regenerasi sel kulit farnesal.

3. Mencerahkan Kulit Kusam. Jahe juga bermanfaat dalam kulit dan dapat mencerahkan kulit kusam dengan cara menghaluskan jahe yang sudah dikupas, lalu campurkan dengan minyak wijen secukupnya sampai berbentuk adonan pasta. Oleskan masker tersebut pada kulit. Dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

4. Mengatasi Kulit Berminyak. Jahe dapat bermanfaat dalam mengatasi kulit berminyak. Cara pemanfaatan jahe adalah dengan mencampurkan jahe parut, garam laut, bubuk kayu manis dan pala bubuk, haluskan dengan memberikan tambahan air, hingga mirip adonan pasta. Kemudian oleskan pada titik wajah yang banyak menghasilkan minyak. Selanjutnya diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air dingin.

5. Mengurangi dan Mengatasi Silulit. Jahe dikenal dapat mengurangi selulit dengan memberikan stimulasi untuk sirkulasi kulit lancar dan mencerahkan warna kulit. Cara mengurangi dan mengatasi selulit dengan jahe adalah gunakan 1/2 cangkir gula pasir, 1/4 cangkir minyak zaitun, dan 2 senok makan parutan jahe yang dicampur rata ke dalam air perasan lemon. Oleskan di kulit, pijat lembut dengan gerakan melingkar untuk melancarkan sirkulasi. Simpan sisa scrub di lemari es, dan scrub daat bertahan sampai seminggu.

6. Mengobati Jerawat. Dari penelitian Universitas Maryland Medical Center yang dapat mencegah timbulnya jerawat di kulit wajah dengan menganjurkan konsumsi jahe maksimal 4 gr/hari. Karena jika berlebihan mengkonsumsi jahe mengakibatkan efek samping misalnya mules, iritasi dan diare.

7. Menyamarkan Bekas Luka. Jahe yang bermanfaat dalam menyemarkan luka karena sifat toning dan antioksidan dengan menyamarkan bekas luka yang putih atau jauh lebih terang dari warna kulit (hipopigmentasi). Caranya hanya dengan mengoleskan sepotong jahe segar ke daerah kulit yang memiliki bekas luka yang berwarna terang dengan memberikan air dari potongan jahe tersebut mengering. Oleskan 1-2 kali sehari dan lakukan setiap hari. dan lihat perubahannya.


50 Manfaat Jahe untuk Kecantikan, Kesehatan, Pengobatan dan Tubuh

Manfaat Jahe untuk Kesehatan Rambut

8. Mengurangi dan Menghilangkan Ketombe. Berdasarkan penelitian Fitriana Aprilia Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro mengkaji efektivitas ekstrak jahe terhadap pertumbuhan Malasseziz sp jamur penyebab ketombe yang diketahui bahwa ekstrak rimpang jahe 3,13% memiliki efektivitas sama dengan ketokonazol 2% (obat penyebab kematian jamur).

9. Mengatasi Rambut Rontok dan Kering. Jahe adalah salah satu perawatan yang baik mengatasi kerontokan rambut dengan menggukana ekstrak jahe sebagai masker rambut.

10. Melembabkan Rambut. Jahe dapat membuat rambut menjadi lembab dengan kandungan zinc, vitamin dan fosfor yang menutrisi rambut dan membuatnya lembab dan berkilau.

11. Menyuburkan Rambut. Jahe melancarkan sirkulasi darah dengan merangsang folikel rambut untuk menumbuhkan rambut. Asam lemak pada jahe dapat melembatkan rambut tipis dengan mengoleskan rata ke kulit kepala dan pijat lembut dengan mencampurkan masker rambut jahe dengan minyak jojoba, diamkan 30 menit dan bilas dengan shampo.


50 Manfaat Jahe untuk Kecantikan, Kesehatan, Pengobatan dan Tubuh

Manfaat Jahe untuk Kesehatan dan Pengobatan

12. Mengobati Penyakit Alzheimer. Secara invitro, dibuktikan bahwa bahan aktif dalam jahe berpoten dan prospektif mengobati penyakit ALzheimer (Kim et al. 2002).

13. Mencegah Timbulnya Kanker. Hasil penelitian famarkologi bahwa senyawa antioksidan alami jahe cukup tinggi dan efisien menghambat radikal bebas superoksida dan hidroksil yang dihasilkan oleh sel-sel kanker dan antikarsinogenik, non-toksik dan non-mutagenik pada konsentrasi tinggi.

14. Mengobati Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi). Jahe bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan [6]-gingerol dan [6]-shogaol dalam konsentrasi rendah bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah (Suekawa et al. 1984).

15. Menyehatkan & Mengurangi Resiko Penyakit Jantung. Jahe dilaporkan bermanfaat pada jantung karena mengurangi resiko penyakit jantung dan meningkatkan perform dari jantung selama olahraga, karena memberikan efek relaks dalam tubuh.


16. Mengurangi Mual dan Muntah Pada Ibu Hamil. efek relaks yang diberikan jahe bermanfaat bagi ibu hamil karena mengurangi mual dan muntah (Anon 2008).

17. Mencegah Mabuk Laut. Jahe bermanfaat dalam mencegah mabuk laut, dari hasil uji coba yang diberikan ternyata efektif sama seperti bila mengkonsumsi obat untuk mencegah mabuk laut.

18. Mengobati Diare/Mencret. Kandungan senyawa zingerone dalam jahe bermanfaat dan efektif pada Escheria Coli (E.Coli) penyebab dari diare dan tentu saja jahe dapat anda gunakan sebagai obat diare bagi anak-anak.

19. Mengobati Penyakit Vertigo. Jahe bermanfaat juga dalam mengobati penyakit vertigo dari kandungan kalium yang penting karena komponen dari sel dan cairan tubuh yang mengendalikan detak jantung dan tekanan darah (Anon 2010).

20. Mengobati Rematik dan Arthritis. Jahe dapat bermanfaat dalam mengobati rematik dan arthritis karena kandungan anti-inflamasi (anti radang).Dengan cara membuatan obat herbal jahe adalah menyiapkan satu atau dua rimpang jahe. Panaskan rimpang diatas api atau bara kemudian ditumbuk. Hasil tumbukan tersebut ditempel pada bagian tubuh yang sakit.

21. Mengobati Stroke. Manfaat jahe yang dapat mengobati dan mencegah stroke dari kandungan Gingerol yang bersifat antikoagulan yang bermanfaat mencegah terjadinya penggumapalan darah, mencegah tersumbatnya pembuluh darah.

22. Menurunkan Kadar Kolesterol. Jahe dapat bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat anda dari kandungan Gingerol.

23. Obat Terserang Cacing Gelang. Tanpa perlu ke dokter anda dapat mengatasi pencernaan anda yang kurang baik karena cacingan cukup dengan memanfaatkan jahe dengan cara menggunakan 60 gr jahe segar yang telah dicuci bersih, kemudian dilumatkan, campur dengan segelas air, saring dan tambahkan madu satu sendok makan dan minumlah ramuan tersebut tiga kali sehari secara rutin.

24. Mengobati Migran atau Sakit Kepala Sebelah. Jahe bermanfaat dalam mengobati sakit kepala, cara pemanfaatan jahe dengan membakar jahe seribu jari lalu dimemarkan . Diseduh dengan segelas air dan diberi sedikit gula aren, dan kemudian dikonsumsi dengan sekaligus atau minum tiga kali sehari.

25. Mencegah Masuk Angin. Kandungan jahe yang menghangatkan tubuh dan meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh, membuat jahe bermanfaat dalam mencegah masuk angin. Cara memanfaatkan jahe dalam pencegahan masuk angin adalah menggunakan jahe tua sebesar ibu jari yang telah dicuci bersih, lalu dimemarkan dan direbus dengan dua gelas air. Beri tambahan gula aren secukupnya, didihkan kurang dari 4 jam. Angkat dan minum selagi hangat.

26. Obat Melawan Infeksi Jamur Kaki. Jahe bermanfaat dalam melawan berbagai jamur yang diakibatkan oleh infeksi terutama pada bagian kaki, Cukup dengan merendam kaki selama 10 mnt dengan air hangat yang telah ditambahi jahe.

27. Menyehatkan Mata. Kandungan vitamin A yang tinggi pada tanaman jahe bermanfaat dalam menyehatkan mata anda.

28. Menyembuhkan Syaraf Muka Yang Sakit. Jahe bermanfaat dalam menyembuhkan syaraf muka yang sakit atau terdapat sesuatu yang tidak mengenakan dipipi dan lantas itu terasa sakit, misalnya bengkak. Cara mengobatinya cukup dengan menyediakan bubuk jahe, tepung terigu dan parutan umbi kentang dan sedikit air hangat, dan campurkan seluruh bahan tersebut dan buatlah sebagai masker yang ditempelkan ke muka pada bagian yang sakit secara teratur.

29. Melancarkan Buang Angin/Kentut. Jahe bermanfaat dalam melancarkan buang angin/kentut yang sebagaimana kita ketahui bahwa membuang angin artinya membuang gas kotor, jadi apabila tertahan maka berdampak tak baik pada tubuh anda, maka dari itu jaha dapat anda manfaatkan dalam melancarkan buang angin dengan memarut rimpang jahe dan campur dengan air yang telah di masak mendidih. Minum selangi masih hangat dengan tambahan gula aren.

30. Sebagai Obat Batuk. Jahe bermanfaat juga dalam mengobati batuk anda. Cara pemanfaatannya cukup dengan membersihkan 10 gram jahe/sekitar 4 ruas), potong-potong dan remukkan. Rebus dalam empat cangkir air selama 20 menit. Saring dan tunggu hingga tidak terlalu panas. Dapat anda tambahkan madu dan jus lemon untuk menambah cita rasanya.

31. Obat Terkilir. Dari sifatnya anti radang yang tentu saja bermanfaat dan dapat digunakan sebagai obat terkilir, cukup dengan menggunakan 2 ruas jahe yang telah dicuci bersih dan diparut dan tambahkan sedikit garam. Balurkan ke anggota tubuh yang terkilir dan lakukan selama dua hari.

32. Obat Flu. Kandungan Limonene dan antimikroba yang bermanfaat dalam mencegah terjadinya flu dan mengobati flu serta menambah daya tahan tubuh anda.

33. Merangsang Keluarnya ASI. Jahe daat bermanfaat dalam merangsang keluarnya ASI karena kandungan 10-dehydroginger-dione.

34. Mencegah Kemandulan dan Menyuburkan. Kandungan Arginine yang bermanfaat mencegah kemandulan. 35. Meningkatkan Gairah Seks Laki-Laki. Kandungan Capsaicin yang bermanfaat dalam merangsang ereksi,dan kandungan arginine yang memperkuat daya tahan sperma.

36. Mengatasi Ejakulasi Prematur. Kandungan 1,8-cineole pada jahe bermanfaat dalam mengatasi ejakulasi prematur.

37. Meningkatkan Aktivitas Kelenjar Endokrin. Kandungan jahe seperti Capsaicin bermanfaat dalam meningkatkan aktivitas kelenjar endokrin sehingga bermanfaat dalam meningkatkan pertumbuhan, dan mencegah terjadinya penyakit diabetes.

38. Obat Sariawan. Jahe bermanfaat dalam mengobati sariawan atau candidasis yang disebabkan oleh jamur. Dimana dari hasil penelitian yang diterbitkan American Journal OfAppied Sciences tahun 2009 bahwa ekstrak jahe memilik efektivitas menghambat pertumbuhan jamur Candida albincans.

39. Obat Penurun Panas. Jahe dapat bermanfaat dalam menurunkan panas dari hasil uji preklinis oleh Usmar, dkk dari Majalah Farmasi dan Farmakologi tahun 2008 bahwa pemberian rimpang jahe membantu menurunkan panas seperti efek pemberian parasetamol.

40. Obat Asma. Jahe juga bermanfaat dalam mengobati asma. Dengan beberapa tambahan bahan, caranya dengan menggunakan 20 gram jahe merah segar, 30 gram daun sambiloto segar, 30 gram daun randu segar, 20 gram daun lampes segar, 4 gelas air 800 ml. Caranya dengan mencuci bersih seluruh bahan. Rebus seluruh bahan dengan air hingga tersisa dua gelas. Saring ramuan dan minum dua kali sehari (pagi dan sore hari). Setelah makan, masing-masing sebanyak 1 gelas.

41. Mengatasi Perut Buncit. Jahe dapat mencegah terjadinya perut buncit dengan mengkonsumsi jahe secara rutin karena manfaat jahe yang dapat melancarkan metabolisme dan pencernaan sehingga mempercepat pembakaran kalori dan meratkan perut buncit.

42. Mengobati Sakit Gigi. Jahe bermanfaat dalam meredakan nyeri gusi dan sakit gigi yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi air jahe karena sifat jahe antijamur dan antibakteri.

43. Diet. Jahe bermanfaat menurunkan berat badan dengan melembarkan pembuluh darah dengan membakar kalori menjadi panas tubuh dan mengandung sedikit kalori yang terkandung.

44. Mengatasi Tulang Keropos/Osteoporoshis. Jahe dapat mencegah dan mengatasi tulang keropos, caranya dengan mengumpulkan jahe merah segar 20 gram, air 4 gelas, kacang hijau 30 gram, merica 15 gram, Kapulaga 10 gram dan Kayumanis 20 gram.

45. Menambah Daya Tahan Tubuh. Jahe bermanfaat dalam menambah daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Cukup dengan mengkonsumsi setiap hari wedang jahe.

46. obat Pegal-Pegal. Manfaat jahe sebagai obat pegal-pegal, pembuatannya sangat mudah cukup dengan menyediakan dua rimpang jahe, dan dua gelas susu, dan jahe merah tersebut dibakar dengan bara api, dan pipih jahe merah yang telah disiapkan, lalu direbus jahe merah ke dalam 2 gelas susu tadi hingga mendidih, minum ramuan selama sehari 2 kali.

47. Melancarkan Peredaran Darah. Manfaat jahe dapat melancarkan peredaran darah. Kandungan Gingerol pada jahe yang sifatnya antioagulan yang mencegah terjadinya penggumpalan darah.

48. Mengatasi Perut Kembung. Jahe bermanfaat dalam mengatasi perut kembung dan nyeri dimana jahe yang dapat digunakan dalam mengatasi perut kembung adalah ekstrak jahe.

49. Menyehatkan Sistem Pencernaan. Jahe dapat menyehatkan pencernaan karena sifatnya antimikroba dan antijamur dan masih banyak lagi sifat-sifat jahe yang dapat menyehatkan sistem pencernaan.

50. Membantu Menurunkan Nyeri Haid.  Nyeri haid hampir selalu dirasakan oleh semua wanita. Rasa ini akan datang terus setiap bulan, meskipun sebenarnya wanita sudah bisa mengatasi hal ini. Namun mengunyah permen jahe memberikan manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Rasa nyeri pada bagian perut bawah bisa berangsur-angsur hilang karena jahe mengandung efek yang menenangkan untuk perut dan perasaan. Bahkan semua rasa pusing dan keluhan lain selama haid akan bisa diobati dengan mengunyah permen jahe.

Demikian 50 manfaat jahe untuk Kecantikan, Kesehatan, Pengobatan dan Tubuh yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat..:)

Sumber: https://www.pinginpintar.com


Permen dan Ting Ting Jahe Sin A

Permen Jahe Sin A adalah salah satu merk permen jahe dari Indonesia yang telah terkenal di Indonesia maupun di mancanegara. Pertama kali didirikan pada tahun 1935, hingga sekarang Permen Jahe Sin A telah mengeluarkan berbagai varian permen dan ting ting jahe serta telah berhasil mendistribusikan produk nya ke berbagai wilayah di Indonesia dan mancanegara.

Artikel Pilihan Lainnya

Cara Mengolah Wedang Jahe yang Benar untuk Manfaat Maksimal / Tips dan Trik
Artikel / Manfaat Jahe untuk Wanita / Khasiat Wedang Jahe
Jahe / Tanaman Jahe / Manfaat Jahe / Khasiat Jahe
Artikel / Jenis Jahe / Jahe Merah / Jahe Gajah / Jahe Emprit