Selain untuk kesehatan pencernaan, jahe ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan mental. Hal tersebut dikarenakan secara umum jahe memiliki kandungan lebih dari 100 senyawa, yang sebagian berperan sebagai antioksidan. Antioksidan tersebutlah yang sangat penting bagi kesehatan otak karena mampu menangkal radikal bebas.

Untuk lebih detail, berikut Sin A bagikan manfaat mengonsumsi jahe untuk kesehatan mental:

Manfaat Konsumsi Jahe untuk Kesehatan Mental

Melindungi otak dari kerusakan

Kandungan melimpah antioksidan pada jahe mampu melindungi otak dari radikal bebas. Radikal bebas adalah salah satu molekul atau senyawa yang mampu menyebabkan kerusakan pada level DNA. Radikal bebas tersebut dapat disebabkan oleh stres, kurang tidur, konsumsi daging panggang, gorengan, polusi udara, paparan racun dan radiasi dari telepon dan komputer.

Dalam perlindungan terhadap organ otak, antioksidan pada jahe mencegah kerusakan otak lebih jauh serta memperbaiki hilang ingatan akibat stroke. Serta mampu menjadi pelindung bagi sel glial yang berkaitan dengan penyakit Alzheimer.

Menyeimbangkan senyawa kimia dalam otak yang berkaitan dengan depresi

Jahe mampu meningkatkan dua senyawa kimia penting dalam otak yaitu serotonin dan dopamin. Kedua senyawa tersebut berperan penting terhadap depresi. Serotonin adalah ‘senyawa bahagia’ yang berperan terhadap mood positif. Sementara dopamin dianggap sebagai ‘senyawa motivasi’ yang memudahkan untuk fokus dan lebih produktif.

Manfaat Konsumsi Jahe untuk Kesehatan Mental

Memperbaiki ingatan dan kewaspadaan

Ramuan jahe secara tradisional telah digunakan untuk mengobati hilang ingatan dan demensia. Senyawa bioaktif pada jahe mampu meningkatkan aktivitas asetilkolin, neurotransmitter yang berperan dalam proses pembelajaran dan memori. Pemberian suplemen jahe diketahui juga mampu memperbaiki ingatan, waktu reaktif, dan kewaspadaan pada orang dewasa.

Melindungi dari “Diabetes Otak”

Mengonsumsi jahe diketahui juga mampu membantu pengendalian gula darah untuk diabetes tipe 2. Antioksidan yang ditemukan pada jahe memperbaiki sensitivitas insulin dan menghambat komplikasi diabetes, yang sebagian merupakan masalah neurologis. Oleh sebab itu, beberapa ahli diet menyarankan penderita diabetes untuk mengonsumsi jahe.

Manfaat Konsumsi Jahe untuk Kesehatan Mental

Jahe merupakan antidote MSG

MSG, salah satu bahan makanan olahan yang mampu meningkatkan level glutamat otak terlalu tinggi. Glutamat sendiri adalah neurotransmitter yang penting namun jika berlebihan mampu menjadi neurotoksin dan menyebabkan sel otak mati. Efek samping dari MSG tersebut termasuk asma, sakit kepala migrain, mood swing, berkeringat, dan lemah otot.

Jahe mampu menjadi antidote dari MSG dengan menyeimbangkan kemampuannya menurunkan tingkat glutamat dalam otak. Oleh sebab itu, tak jarang masakan yang menggunakan MSG umumnya juga menggunakan rempah jahe untuk menetralisasi kemampuan MSG meningkatkan glutamat.

Melawan kelelahan adrenal

Sumbu HPA adalah jaringan kompleks interaksi antara adrenal, hipotalamus, dan kelenjar pituitari yang mengendalikan respons terhadap stres. Stres kronis yang dapat mengarahkan disfungsi terhadap sistem sumbu HPA tersebut biasa disebut sebagai kelelahan adrenal atau ‘adrenal fatigue’. Kelelahan yang kronis adalah gejala utama kelelahan adrenal, namun gejala lainnya yaitu otak yang berkabut, depresi, amarah, insomnia, dan ketidakmampuan mengendalikan stres.

Ramuan jahe, ginko, dan ginseng merupakan salah satu jenis ramuan yang dianjurkan untuk mengobati kelelahan adrenal tersebut secara alami. Karena mampu meningkatkan energi dan menghilangkan stres dengan cara memperkuat kelenjar adrenal dan menurunkan hormon stres.

Manfaat Konsumsi Jahe untuk Kesehatan Mental

Mengurangi sakit kepala sebelah atau migraine

Jahe secara aktif juga mampu mengurangi sakit kepala migraine tanpa efek samping. Lebih aman jika dibandingkan dengan resep obat seperti sumatriptan yang dapat membahayakan, karena memicu sindrom serotonin yang berbahaya.

Demikian beberapa manfaat dan fakta menarik dari mengonsumsi jahe untuk kesehatan mental. Mengonsumsi jahe memang memberikan beragam manfaat bagi tubuh. Rempah istimewa ini juga dapat dikonsumsi dalam bentuk olahan yang Anda sukai seperti permen atau ting-ting.

Untuk Anda yang tertarik untuk membeli produk olahan jahe berkualitas, Anda dapat menghubungi Sindu Amritha (Sin A), produsen permen jahe sejak 1935 di Pasuruan. Sin A menghadirkan permen jahe aneka rasa yang enak dan sehat. Cocok untuk jadi camilan anti-ribet di segala suasana.



Sumber: bebrainfit.com

Permen dan Ting Ting Jahe Sin A

Permen Jahe Sin A adalah salah satu merk permen jahe dari Indonesia yang telah terkenal di Indonesia maupun di mancanegara. Pertama kali didirikan pada tahun 1935, hingga sekarang Permen Jahe Sin A telah mengeluarkan berbagai varian permen dan ting ting jahe serta telah berhasil mendistribusikan produk nya ke berbagai wilayah di Indonesia dan mancanegara.

Artikel Pilihan Lainnya

Informasi Umum / Manfaat Konsumsi Jahe untuk Kesehatan Anak
Jahe / Tanaman Jahe / Manfaat Jahe / Khasiat Jahe
Artikel / Permen Jahe untuk Ibu Hamil 
Informasi Umum / Khasiat Jus Bayam Jahe untuk Kesehatan Tubuh