Saat berkunjung ke Pasuruan banyak makanan enak yang wajib di cicipi disana seperti rawon saminah, soto cemara, kupang, es baktung, dll. Namun tak lengkap jika Anda berkujung ke pasuruan tanpa membawa oleh oleh khas Pasuruan. Berikut 3 oleh oleh Pasuran yang wajib Anda beli saat berkunjung ke Pasuruan.

3 Oleh Oleh Khas Pasuruan yang Terkenal

1. Permen Jahe (Ting Ting Jahe) Sin A

Sudah pernah makan ting-ting kacang? Enak, yah. Selain ting-ting kacang rasa original, sekarang banyak juga yang memproduksi ting-ting kacang dengan campuran jahe. Nah, kalo oleh-oleh khas Pasuruan yang satu ini bukan ting-ting kacang, tapi ting-ting jahe yang diproduksi oleh Sin A. Sejak tahun 1935 sampai sekarang produk-produk Sin A dibuat dengan bahan yang berkualitas dan telah dieksport ke berbagai negara : Hongkong, Australia, Amerika, Inggris dan Jerman. Produk unggulan dari Sin A adalah permen jahenya (biasa disebut ting ting jahe).

Dulu permen jahe sin A dibungkus kertas berwarna putih corak biru, ditengah berwarna merah ada gambar jahenya, khas banget. Kemasan ini sekarang masih ada, disamping kemasan yang baru dengan aneka rasa seperti orange, mangga, peppermint dll. Wajib dicoba deh ting-ting jahenya dan Anda juga dapat membawa pulang ke rumah sebagai oleh oleh khas Pasuruan. Permen jahe Sin A saat ini juga dikemas dengan kemasan yang lebih bagus, praktis dan modern. Selain itu jahe juga banyak berkhasiat untuk kesehatan tubuh.


3 Oleh Oleh Khas Pasuruan yang Terkenal

2. Roti Matahari

Roti matahari menjadi salah satu oleh-oleh khas Pasuruan yang paling banyak diminati. Toko roti matahari berdiri sudah lama, sejak tahun 1955. Berbagai jenis roti yang dijual : roti warmball, roti sisir, roti celup, roti ronde, roti kasur dll. Roti sisirnya ada dua jenis, yaitu yang basah dan kering. Untuk roti sisir yang basah dibagi menjadi dua lagi yaitu roti sisir biasa dan roti sisir rombotter. Tentu saja yang paling banyak diminati pembeli adalah roti sisir rombotter nya (pakai mentega Australia).

Roti Matahari ini banyak dijumpai di berbagai kota. Tapi tentu kondisinya sudah lain dengan beli langsung di kota asal. Kadang sudah agak keras karena sudah beberapa hari sehingga rasanya juga jadi berbeda. Begitu juga harganya, biasanya lebih mahal.


3 Oleh Oleh Khas Pasuruan yang Terkenal

3. Bipang Jangkar

Bipang terbuat dari beras yang dipanaskan dengan suhu tinggi sampai mekar kemudian dicampur dengan vanili dan gula yang telah dicairkan, lalu dicetak dan dipotong-potong. Rasanya renyah dan manis.

Bipang Jangkar ini diproduksi sejak tahun 1949. Pertama kali menggunakan kertas sebagai pembungkusnya dengan rasa vanilla, kemudian berkembang menjadi bermacam rasa buah-buahan yang dibungkus plastik sehingga bipang lebih tahan lama dan tidak melempem. Bagi penyuka manis, bipang jangkar ini wajib dicoba.


Sumber: http://www.liannyhendrawati.com

Permen dan Ting Ting Jahe Sin A

Permen Jahe Sin A adalah salah satu merk permen jahe dari Indonesia yang telah terkenal di Indonesia maupun di mancanegara. Pertama kali didirikan pada tahun 1935, hingga sekarang Permen Jahe Sin A telah mengeluarkan berbagai varian permen dan ting ting jahe serta telah berhasil mendistribusikan produk nya ke berbagai wilayah di Indonesia dan mancanegara.

Artikel Pilihan Lainnya

Informasi Umum / Khasiat Jus Bayam Jahe untuk Kesehatan Tubuh
Informasi Umum / 5 Jenis Rempah yang Mampu Meningkatkan Daya Ingat
Cara Mengolah Wedang Jahe yang Benar untuk Manfaat Maksimal / Tips dan Trik