Tanaman jahe sudah sangat populer di Indonesia, yang sering digunakan sebagai bumbu masakan, jamu ataupun minuman hangat. Namun saat ini jahe tidak hanya digunakan sebagai kebutuhan rumah tangga saja. Jahe diolah menjadi bermacam macam jenis makanan dan minuman yang memiliki manfaat khasnya tersendiri. Berikut Sin A sajikan bereneka ragam olahan dari jahe.

Aneka Olahan Makanan dan Minuman yang Terbuat dari Jahe

1. Jus Jahe

Jus jahe biasanya biasanya berbentuk cair dan mudah ditakar sehingga sering digunakan dalam memasak dan memanggang kue. Sajian yang sering menggunakan jus jahe, yaitu bumbu-bumbu perendam daging, saus panggang, salad, gorengan, daging, ikan, unggas, sup, dan minuman seperti teh ataupun minuman buah.

Jus jahe bisa sebagai pengganti jahe segar ataupun jahe kering. Jus jahe dapat pula digantikan dengan jahe bubuk kering 1 sendok makan jus sama dengan 1 sendok makan jahe parut segar atau 1 sendok teh bubuk jahe.


Aneka Olahan Makanan dan Minuman yang Terbuat dari Jahe

2. Sirup Jahe

Sirup jahe adalah jahe segar yang telah dimasak dalam gula dan air sehingga rasanya manis. Sirup jahe digunakan sebagai selai, saus, dan makanan panggang. Sirup jahe juga dapat ditambahkan pada air soda dan bahan-bahan lain untuk membuat minuman berasa jahe.

Aneka Olahan Makanan dan Minuman yang Terbuat dari Jahe

3. Roti Jahe

Roti jahe adalah makanan-produk manis dibumbui dengan jahe dan biasanya menggunakan madu atau molasses (sirup) bukan hanya gula. Makanan roti jahe bervariasi, mulai dari yang lembut, lembab roti kue untuk sesuatu yang dekat dengan biskuit jahe. Berbagai jenis kemungkinan memiliki asal-usul yang sama.

Aneka Olahan Makanan dan Minuman yang Terbuat dari Jahe

4. Asinan Jahe

Asinan jahe merupakan salah satu bentuk olahan jahe (segar). Jepang dan Timur Tengah adalah pasar terbesar jahe awet ini. Untuk membuat jahe asinan ini biasanya menggunakan jahe badak yaitu jahe yang dipanen ketika berumur 3-4 bulan hal ini karena kandungan seratnya tidak begitu banyak dan tidak terlalu pedas.

Aneka Olahan Makanan dan Minuman yang Terbuat dari Jahe

5. Acar Jahe

Acar jahe memanfaatkan air garam dan cuka manis sedangkan jahe yang diawetkan menggunakan gula dan garam dalam pembuatannya. Acar jahe sering disajikan sebagai hidangan pembuka sedangkan acar jahe merah muda umum disantap bersama sushi, yang disebut sebagai gari.

Sementara, jahe yang diawetkan umumnya digunakan sebagai hiasan untuk daging dan ikan, sebagai bumbu untuk makanan penutup, atau permen, bumbu sajian salad, dan sandwich.


Aneka Olahan Makanan dan Minuman yang Terbuat dari Jahe

6. Manisan Jahe

Manisan jahe adalah jahe yang telah dicacah menjadi potongan kecil, dimasak dalam sirup jagung, kemudian dilapisi gula. Manisan jahe yang dijual di pasaran biasanya berwarna agak emas, ada juga manisan jahe merah. Manisan jahe merupakan bentuk yang umum digunakan untuk daging, unggas, makanan pencuci mulut, kue seperti kue jahe, dan permen. Manisan jahe juga ditambahkan sebagai hiasan makanan yang meleleh dan topping manis.

Aneka Olahan Makanan dan Minuman yang Terbuat dari Jahe

7. Permen Jahe

Permen jahe adalah sebuah jenis kembang gula yang berbahan dasar gula dan jahe. Permen jahe merupakan permen yang tergolong kuno. Permen ini sudah tercatat di dalam buku Island of Java karya John Joseph Stockdale, pelancong berkebangsaan Inggris, yang menyebutkan, pada tahun 1778 Belanda mengirim sebanyak 10.000 pon (atau sekitar 5.000 kilogram) produk yang disebut candied ginger dari Batavia ke Eropa. Makanan ini digemari di Eropa karena menyembuhkan kembung dan flatulensi.

Sin A sebagai salah satu produsen permen jahe di Pasuruan yang sudah lama berdiri juga menjual permen jahe dengan berane ragam pilihan rasa seperti permen jahe rasa mangga, permen jahe rasa jeruk, permen jahe rasa kacang, permen jahe rasa mint, permen ting ting jahe dan masih banyak yang lainnya.


Aneka Olahan Makanan dan Minuman yang Terbuat dari Jahe

8. Jahe Kering

Bentuk bubuk jahe kering sangat populer di Eropa dan Amerika Serikat sebagai penyedap untuk sajian salad, permen panggang, sup, kari, daging, dan makanan penutup, seperti roti jahe dan kue kering jahe. Jahe kering memang cocok digunakan sebagai penyedap makanan, tetapi jenis ini tidak bisa menggantikan penggunaan jahe segar dalam sebuah resep.

Jahe kering dapat disimpan pada suhu ruangan yang jauh dari cahaya dan panas. Dengan cara ini, daya tahan mencapai 6-7 bulan sebelum rasa dan aromanya mulai berkurang. Jahe kering yang masih bagus ditandai dengan aromanya yang pedas.


Aneka Olahan Makanan dan Minuman yang Terbuat dari Jahe

9. Jahe Instan

Jahe selain dapat digunakan untuk bumbu masakan, juga sering dikonsumsi sebagai wedang jahe, terutama di daerah dingin untuk menghangatkan tubuh. Di daerah bersuhu dingin, meminum wedang jahe hangat memiliki kenikmatan tersendiri. Namun, kadang kala kita sedikit malas untuk membuat wedang jahe karena memang sediki rumit, apalagi harus membersihkan rimpang terlebih dahulu, kemudian dibakar, sebelum akhirnya jahe direbus. Untuk mengatasi kemalasan itu, salah satu upaya pengolahan jahe adalah dengan membuat jahe instan. Sehingga jahe bisa dibuat minuman dengan mudah sewaktu-waktu membutuhkan.

Sumber:

• http://lifestyle.okezone.com

• http://ilmujahe.blogspot.co.id


Permen dan Ting Ting Jahe Sin A

Permen Jahe Sin A adalah salah satu merk permen jahe dari Indonesia yang telah terkenal di Indonesia maupun di mancanegara. Pertama kali didirikan pada tahun 1935, hingga sekarang Permen Jahe Sin A telah mengeluarkan berbagai varian permen dan ting ting jahe serta telah berhasil mendistribusikan produk nya ke berbagai wilayah di Indonesia dan mancanegara.

Artikel Pilihan Lainnya

Informasi Umum / Atasi Morning Sickness dengan Asupan Makanan dan Minuman dari Jahe
Artikel / Jenis Jahe / Jahe Merah / Jahe Gajah / Jahe Emprit
Cara Mengolah Wedang Jahe yang Benar untuk Manfaat Maksimal / Tips dan Trik
Artikel / Cara Memilih Jahe / Tips Memiih Jahe