Pada bulan di penghujung tahun seperti November ini biasanya mengindikasikan bahwa musim hujan akan datang dalam waktu dekat. Tentu saja, hawa dingin di musim hujan tidak dapat kita hindari. Namun bisa kita tangani salah satunya dengan cara meminum wedang atau minuman hangat. Minuman hangat pun beraneka macam, namun salah satu yang terkenal yaitu wedang jahe.

Wedang jahe merupakan minuman sari jahe tradisional dengan citarasa pedas sekaligus mampu memberikan sensasi hangat. Wedang jahe di Indonesia memiliki beragam varian khas dari berbagai daerah. Berikut diantaranya:

1. Bandrek dari Jawa Barat.

Bandrek merupakan minuman yang memiliki citarasa yang lebih pedas sebab diolah dari air rebusan jahe kental dengan tambahan rempah dan gula merah (tanpa tambahan santan). Bandrek umumnya dihidangkan bersama serutan daging buah kelapa yang setengah tua.

2. Wedang Ronde dari Jawa Timur.

Wedang Ronde merupakan minuman yang terbuat dari air rebusan jahe yang ditambahkan pandan, serai, gula merah, lalu isiannya dapat berupa kacang tanah, potongan roti, potongan kolang-kaling, dan ronde bola-bola ketan yang telah direbus. Minuman ini cukup terkenal di Jawa Timur maupun Jawa Tengah.

3. Sekoteng dari Jawa Tengah.

Sekoteng terbuat dari air rebusan jahe yang kemudian ditambahkan dengan kacang tanah, kacang hijau, potongan roti, pacar cina, dan kolang-kaling. Serta penambahan susu kental pada sekoteng sehingga citarasanya lebih legit dan kental daripada wedang ronde

4. Sarabba dari Sulawesi Selatan.

Sarabba merupakan minuman yang berasal dari Makassar dan terbuat dari olahan jahe, kuning telur, gula aren, santan, dan lada bubuk. Sarabba dikenal sebagai minuman untuk memulihkan stamina dan menyembuhkan masuk angin.

5. Bajigur dari Jawa Barat.

Bajigur terbuat dari air rebusan jahe, gula merah, dan santan encer yang direbus dengan daun pandan dan ditambahkan dengan sedikit garam. Bajigur umumnya diminum bersama makanan atau kudapan tradisional seperti ubi kukus, pisang rebus, nagasari, atau kacang rebus.

6. Wedang Uwuh dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wedang Uwuh terbuat dari air rebusan jahe, kayu secang, cengkeh (termasuk bunga, batang, dan daun), kayu manis (termasuk daunnya), akar dan daun serai, pala (beserta daunnya), serta gula batu atau gula merah. Oleh sebab itu, minuman ini memiliki sebutan wedang &#39uwuh&#39 yang berarti sampah karena komposisinya dari bermacam dedaunan.

7. Kembang Tahu dari Jawa Tengah.

Kembang Tahu yang juga dikenal sebagai tahwa konon berasal dari Tiongkok, dan kini menjadi makanan khas kota Semarang. Minuman ini diolah dari sari kedelai atau susu kedelai tawar yang dipadatkan seperti tahu putih. Namun memiliki tekstur lebih lembut dan rapuh. Kembang tahu disajikan dengan cara disendokkan ke dalam mangkok saji, kemudian disiram dengan air rebusan jahe, gula merah dan pandan.

8. Bir Pletok dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Bir Pletok merupakan salah satu minuman jahe khas Betawi yang terbuat dengan tambahan rempah pandan, serai, merica hitam, kapulaga, kayu manis, dan kayu secang yang memberi warna merah pada minuman ini.

Berikut beberapa wedang jahe khas Indonesia yang siap menemani musim hujan yang akan datang. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi produk jahe lainnya seperti ting-ting dan permen jahe dari Sin A untuk membantu menjaga kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat.



Sumber: www.idntimes.com


Permen dan Ting Ting Jahe Sin A

Permen Jahe Sin A adalah salah satu merk permen jahe dari Indonesia yang telah terkenal di Indonesia maupun di mancanegara. Pertama kali didirikan pada tahun 1935, hingga sekarang Permen Jahe Sin A telah mengeluarkan berbagai varian permen dan ting ting jahe serta telah berhasil mendistribusikan produk nya ke berbagai wilayah di Indonesia dan mancanegara.

Artikel Pilihan Lainnya

Masakan dengan Bumbu Jahe yang Siap Menemani Dingin di Musim Hujan / Informasi Umum
Informasi Umum / Beragam Jenis Teh Jahe Ternikmat untuk Kesehatan Badan
Artikel / Jenis Jahe / Jahe Merah / Jahe Gajah / Jahe Emprit
Cara Mengolah Wedang Jahe yang Benar untuk Manfaat Maksimal / Tips dan Trik
Artikel / Manfaat Jahe untuk Wanita / Khasiat Wedang Jahe