Selama ini jahe hanya dikenal sebagai obat untuk masuk angin dan mual saja tanpa kita ketahui ternyata jahe juga bermanfaat untuk ibu hamil. Dengan ketidaktahuan akan manfaat jahe tersebut maka menimbulkan keraguan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang terbuat dari bahan dasar jahe.

Keraguan ibu hamil tersebut dipengaruhi oleh beberapa mitos dan larangan yang beredar di masyarakat, yakni jahe membahayakan bagi janin karena rasa panasnya. Dalam artikel kali ini Sin A akan membahas tentang manfaat jahe untuk ibu hamil, agar rasa ragu-ragu ibu hamil akan jahe hilang dan bisa terjawab. Berikut ulasannya untuk Anda.


Manfaat Konsumsi Jahe bagi Ibu Hamil

1. Menghilangkan Mual

Saat morning sickness banyak ibu hamil yang merasakan mual dan muntah. Cara mengatasi mual saat hamil bisa dengan mengkonsumsi jahe hangat di setiap pagi. Kandungan minyak atsiri dan zat zingeron bisa menghilangkan mual ibu hamil. Aroma minyak atsiri yang khas bisa membuat rasa mual ibu hamil menjadi hilang, sedangkan zingeron yang ada pada tanaman jahe bermanfaat untuk membuat perut menjadi lebih nyaman dan hangat.

Manfaat Konsumsi Jahe bagi Ibu Hamil

2. Menghilangkan Pusing

Ibu hamil yang morning sickness juga sering mengalami pusing saat pagi hari. Pusing tersebut sangat tidak nyaman bagi ibu hamil. Oleh sebab itu dibutuhkan cara efektif untuk menghilangkan pusing pada ibu hamil. Cara itu sangat mudah dan aman. Caranya adalah :

  • Ibu hamil bisa mengkonsumsi jahe hangat untuk menghilangkan rasa pusing yang dialaminya.
  • Caranya adalah dengan menghirup dalam-dalam aroma jahe hangat sebelum meminumnya.
  • Lakukan selama beberapa menit, barulah setelah itu ibu hamil bisa meminumnya.
  • Minyak atsiri yang ada pada manfaat jahe untuk ibu hamil, bisa membuat rasa pusing hilang.

Manfaat Konsumsi Jahe bagi Ibu Hamil

3. Menurunkan Tekanan Darah

Ibu hamil tidak jarang memiliki tekanan darah yang tinggi. Bagi ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi bisa menurunkan tekanan darahnya menggunakan jahe. Alasannya adalah :

  • Jahe mampu merangsang pelepasan dari hormon adrenalin dan bisa melancarkan pembuluh darah.
  • Aliran darah bisa mengalir dengan lancar karena pembuluh darah yang lebar. Selain itu pembuluh darah yang lebar bisa meringankan fungsi jantung. Jantung memiliki fungsi untuk memompa darah ke seluruh organ di dalam tubuh.

Manfaat Konsumsi Jahe bagi Ibu Hamil

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan yang ada dalam manfaat jahe untuk ibu hamil adalah enzim lipase dan juga protease. Enzim itu sangat membantu dalam sistem pencernaan. Tugas enzim tersebut adalah mencerna protein dan lemak dalam makanan sehingga sistem pencernaan bisa lancar. Pencernaan yang lancar bisa menghindarkan dari sembelit.

Selama ini ibu hamil banyak mengalami gangguan kehamilan seperti susah untuk BAB. Dengan mengkonsumsi minuman jahe sebelum makan besar, ibu hamil bisa melancarkan sistem pencernaannya dan menghindarkan dari sembelit.


Manfaat Konsumsi Jahe bagi Ibu Hamil

5. Meredakan Perut Kembung dan Gas Berlebih

Ibu hamil sering tidak menyadari jika makanan yang dikonsumsinya bisa menimbulkan gas dan dapat menyebabkan perutnya kembung. Akibatnya adalah ibu hamil merasakan jika perutnya begah dan penuh. Rasa begah itu sangat membuat ibu hamil tidak nyaman. Gas berlebih bisa diakibatkan oleh mengkonsumsi sayur yang banyak mengandung gas seperti sayur kol. Untuk menghilangkan gas yang berlebih bisa menggunakan jahe hangat. Senyawa phenol pada jahe bisa menghilangkan gas berlebih pada perut ibu hamil.

Manfaat Konsumsi Jahe bagi Ibu Hamil

6. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Vitamin C yang ada di dalam tanaman jahe bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun tubuh itu bermanfaat untuk menangkal berbagai macam penyakit yang ingin masuk ke dalam tubuh. Ibu hamil harus pintar menjaga kondisi tubuhnya. Hal itu dikarenakan jika kondisi tubuh yang tidak fit bisa berpengaruh pada janin yang dikandungnya.

Apalagi jika ibu hamil tersebut disertai demam tinggi, demam tidak boleh terjadi pada ibu hamil karena bisa menyebabkan janin mati di dalam kandungan, karena janin tidak bisa berteman dengan suhu tubuh ibu hamil yang tinggi.


Manfaat Konsumsi Jahe bagi Ibu Hamil

7. Membangkitkan Nafsu Makan

Banyak fakta ditemukan, pada ibu hamil yang mengalami morning sickness harus mengkonsumsi minuman jahe hangat terlebih dahulu sebelum makan. Hal itu dikarenakan jahe bisa membangkitkan nafsu makan selama kehamilan, terutama bagi ibu hamil yang mengalami morning sickness. Kandungan zingeron yang ada dalam manfaat jahe untuk ibu hamil, akan menambah nafsu makan dan penghilang mual sehingga makan lebih nyaman.

Manfaat Konsumsi Jahe bagi Ibu Hamil

8. Menghindarkan Dari Gangguan Kehamilan

Banyak gangguan kehamilan yang akan terjadi pada ibu hamil. Gangguan kehamilan itu sering menyerang dan mendera ibu hamil. Gangguan kehamilan itu berupa punggung nyeri, pinggang nyeri dan juga perut nyeri. Untuk mengatasi gangguan kehamilan tersebut ibu hamil bisa mengkonsumsi jahe yang hangat atau berbagai macam olahan jahe.

Kandungan senyawa yang ada dalam jahe bisa menghindarkan dan meredakan gangguan kehamilan pada ibu hamil. Cara menghilangkan gangguan kehamilan dengan wedang jahe, bisa dengan merebus jahe bersama dengan gula sampai mendidih dan diminum selagi hangat.


Manfaat Konsumsi Jahe bagi Ibu Hamil

9. Melindungi Dari Radikal Bebas

Selama kehamilan, ibu hamil akan sangat rentan terhadap radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan berbagai macam gangguan dan masalah kesehatan. Selain itu radikal bebas akan membuat banyak toksin atau racun masuk ke dalam tubuh. Jahe memiliki vitamin C seperti manfaat buah buahan untuk ibu hamil, yang bisa berguna untuk menangkal radikal bebas yang ada di sekitar ibu hamil.

Manfaat Konsumsi Jahe bagi Ibu Hamil

10. Menghilangkan Stress

Ibu hamil sering mengalami stress, hal itu bisa diakibatkan oleh kondisi lingkungan dan juga ketidakseimbangan hormon. Apalagi jika usia kehamilan ibu tersebut sudah tua, kebanyakan dari mereka memikirkan tentang proses persalinannya dapat berjalan dengan lancar atau tidak sehingga hal tersebut dapat membuat ibu hamil mengalami stress. Cara menjaga kehamilan agar tetap sehat, dengan menghirup udara pagi dalam-dalam sambil ditemani secangkir jahe hangat bisa menghilangkan stress ibu hamil.

   

Itulah manfaat mengkonsumsi olahan jahe bagi ibu hamil. Sin A sebagai produsen permen jahe terbaik di Indonesia menyediakan Permen Jahe Untuk Ibu Hamil dengan harga terjangkau dan pilihan beragam. Dapatkan permen jahe untuk kesehatan hanya di Sin A.


Sumber: http://hamil.co.id


Permen dan Ting Ting Jahe Sin A

Permen Jahe Sin A adalah salah satu merk permen jahe dari Indonesia yang telah terkenal di Indonesia maupun di mancanegara. Pertama kali didirikan pada tahun 1935, hingga sekarang Permen Jahe Sin A telah mengeluarkan berbagai varian permen dan ting ting jahe serta telah berhasil mendistribusikan produk nya ke berbagai wilayah di Indonesia dan mancanegara.

Artikel Pilihan Lainnya

Informasi Umum / Manfaat Konsumsi Jahe untuk Kesehatan Anak
Informasi Umum / Manfaat Konsumsi Jahe untuk Kesehatan Mental
Jahe / Tanaman Jahe / Manfaat Jahe / Khasiat Jahe
Artikel / Jauhi Rokok / Konsumsi Jahe